Pentingnya sinar matahari pagi untuk tidur yang lebih baik dan membuhih virus

Pentingnya sinar matahari pagi untuk tidur yang lebih baik dan membunuh virus

Jika Anda kesulitan tidur, solusinya mungkin berada di tempat yang paling tidak Anda duga: matahari pagi. Sinar matahari pagi, seberapa banyak dan ketika Anda mendapatkannya, sebenarnya memiliki dampak signifikan pada tidur Anda. Ini mungkin terdengar berlawanan dengan intuisi, mengingat kita tidur di malam hari dalam kegelapan, tetapi itu benar.

Teruslah membaca untuk memahami mengapa hubungan ini masuk akal. Kami akan menjelaskan bagaimana sinar matahari pagi dapat meningkatkan kualitas tidur Anda, dan cara terbaik untuk mendapatkan lebih banyak dari itu.

Mengapa sinar matahari pagi begitu baik untuk tidur Anda?
Jawaban singkatnya adalah ini: sinar matahari pagi memperkuat ritme sirkadian alami Anda.

Sekarang, untuk jawaban yang lebih panjang. Sistem sirkadian tubuh Anda menentukan banyak proses biologis Anda, termasuk selera makan, tingkat energi, produksi hormon, dan suhu tubuh. Sebagai manusia, kita adalah makhluk diurnal, sehingga ritme sirkadian kita berputar di sekitar pola matahari. Kata "sirkadian" berasal dari kata Latin "circa" dan "mati," yang berarti "sekitar hari."

Ketika tiba waktunya untuk tidur, berikut adalah detail utama yang perlu Anda pahami seputar cahaya dan ritme sirkadian Anda. Sepanjang hari, Anda mengalami sedikit fluktuasi suhu tubuh inti Anda. Tubuh Anda mencapai titik paling keren di pagi hari, sebelum bangun. Saat tubuh Anda mempersiapkan Anda untuk bangun, kortisol dilepaskan, memberi energi pada tubuh Anda dan menghangatkan suhu inti tubuh Anda. Suhu Anda mencapai titik tertinggi pada siang hari, sebelum mulai turun lagi di malam hari, memberi sinyal ke otak Anda bahwa sudah waktunya untuk mulai tertidur.

Jika Anda melihat grafik di bawah ini, Anda akan melihat bahwa perubahan suhu ini meniru naik turunnya sinar matahari. Setelah matahari terbenam, tubuh kita mulai mendingin, memulai produksi melatonin dan bersiap untuk tidur. Melatonin adalah hormon yang mengatur tidur Anda. Sekitar matahari terbit, mereka melakukan yang sebaliknya, mengurangi melatonin dan meningkatkan suhu tubuh inti kita.

suhu inti vs siklus melatonin vs tidur

Sayangnya, di dunia modern saat ini, kami terus-menerus terpapar cahaya terang. Kita hidup dalam pencahayaan buatan dengan smartphone, tablet, dan laptop kita dekat dengan wajah kita. Karena perangkat teknologi ini memancarkan cahaya biru terang ke mata kita, mereka secara serius mengganggu ritme sirkadian kita. Otak kita salah mengartikan cahaya sebagai sinar matahari. Jika, seperti kebanyakan orang, Anda menggunakan perangkat ini di malam hari, mereka sebenarnya mendorong otak Anda untuk membuat Anda tetap terjaga pada saat, ironisnya, Anda mungkin menggunakannya untuk "dihidupkan".

Tidak heran 20% orang Amerika menderita insomnia. Pencahayaan buatan sangat mengganggu tidur sehingga para peneliti telah memetakan penundaan yang disebabkan oleh siklus sirkadian dan produksi melatonin kami:

ritme sirkadian diimbangi dengan pencahayaan buatan

Untungnya, Anda dapat menangkal efek pencahayaan buatan. Di malam hari, kenakan kacamata menghalangi cahaya biru saat Anda menggunakan perangkat teknologi Anda. Di pagi hari, perkuat ritme sirkadian alami Anda dengan paparan sinar matahari pagi.

Bagaimana sinar matahari pagi bermanfaat bagi tidur dan kesehatan Anda dan bia Membunuh Virus di tubuh kita?

Sementara kita menganggap matahari sebagai kuning, cahaya yang dipancarkannya adalah cahaya spektrum penuh. Ini mencakup panjang gelombang cahaya biru terang yang sama dengan yang dimiliki perangkat teknis Anda, tetapi dalam bentuk yang jauh lebih kuat. Dengan memaparkan mata Anda ke cahaya terang ini di pagi hari, Anda memberi sinyal ke otak Anda bahwa sudah waktunya untuk menekan produksi melatonin.

Sebagai tanggapan, otak Anda akan meningkatkan produksi kortisol. Kortisol dan melatonin beroperasi secara tidak langsung satu sama lain. Kortisol dikenal sebagai hormon stres Anda. Walaupun kadar kortisol yang terlalu tinggi bisa berbahaya, dalam jumlah yang sehat kortisol baik untuk Anda. Hormon pengaktif ini memberi energi pada tubuh Anda dan mempersiapkan Anda untuk bertemu hari itu.

Selain cahaya, matahari juga memancarkan banyak kehangatan. Sinar matahari pagi dapat menghangatkan tubuh Anda, memfasilitasi proses termoregulasi alami Anda dan membantu produksi kortisol.

Akhirnya, sinar matahari memengaruhi hormon lain yang berkaitan dengan tidur. Paparan sinar matahari yang lebih besar dikaitkan dengan pelepasan serotonin. Serotonin memainkan peran penting dalam produksi melatonin, karena kelenjar pineal Anda memetabolisme serotonin menjadi melatonin.

Serotonin juga dikenal sebagai hormon "bahagia" karena kemampuannya mengangkat suasana hati. Bahkan, sinar matahari memiliki efek pada suasana hati Anda, sehingga lampu terapi cahaya khusus digunakan untuk mengobati orang dengan depresi musiman dan gangguan tidur terkait. Lampu ini dirancang untuk meniru sinar matahari alami, tanpa sinar UV yang berbahaya.

Sinar matahari pagi memberikan manfaat kesehatan lain selain tidur. Paling populer, ini meningkatkan produksi vitamin D Anda, yang menjaga sistem kekebalan tubuh Anda sehat dan bahagia. Jumlah sinar matahari yang sehat juga dikaitkan dengan tulang yang lebih kuat dan pencegahan kanker.

Cara mendapatkan sinar matahari pagi terbaik untuk tidur yang lebih baik
Sekarang Anda termotivasi untuk mendapatkan lebih banyak sinar matahari pagi, bagaimana Anda melakukannya?

Dalam satu jam setelah bangun, keluarlah dan bertemu matahari. Kenakan tabir surya untuk melindungi kulit Anda, tetapi jangan mengenakan kacamata hitam atau topi, karena Anda tidak ingin menghalangi sinar matahari dari mata Anda. Habiskan 30 hingga 45 menit di luar. Jika memungkinkan, pasangkan waktu matahari pagi Anda dengan olahraga untuk meningkatkan energi ekstra.

Bahkan jika mendung di luar, jangan khawatir: Anda masih akan mendapat manfaat dari sinar matahari pagi.

Jika Anda perlu bantuan bangun dari tempat tidur, buatlah jam alarm ringan untuk Anda sendiri. Ini mengisi ruangan Anda dengan cahaya terang, membuat Anda bersemangat untuk pergi keluar dan mengalami hal yang nyata. Lalu keluar. Untuk bangun merasa bersemangat, Anda perlu dosis sinar matahari pagi.

Ayo Gerakan bangun pagi dan berjemur5 - 10 mnit di setiap gai hari untuk mencegah dan membunuh virus yang ada di tubuh kita dan tentunya sangat menyehatkan.

0 Response to "Pentingnya sinar matahari pagi untuk tidur yang lebih baik dan membuhih virus"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel