Tekanan Angin Pada Ban Mobil Yang Pas Untuk Mudik dan perjalanan Jauh

Tekanan Angin Pada Ban Mobil Yang Pas Untuk Mudikdan perjalanan Jauh

Inukotovlog.com - Mudik atau Pulang ke kampung halaman merupakan tradisi tahunan warga +62 alias warga indonesia sob, seringnya para pengemudi melupakan hal ini pada kendaraannya, tentang tekanan angin pada kendaraan pribadinya baik motor atau mobil pribadinya.

Nampaknya pada tahun 2020 ini mudik dilarang oleh pemerintah, karena dampak virus covid-19 yang belum mereda, alih-alih mudik di tahun ini pun gagal, alias di undur. Para pegendara baik moto atau mobil yang coba mudik pun di suruh putar balik kembali ke tempat asalnya.

Mobil dan Motor pun akhirnya harus kembali ke kandangnya, masuk garasi dan diam tak kemana mana sampai pandemi ini berahir. alhasil kendaraan pribadi yang sering di gunakan mudik mobil misalnya, akan mengalami perubahan tekanan angin pada ban mobil tersebut.

Padahal tekanan angin pada ban mobil yang tidak tepat alias kurang pas, akan mempengarui kenyamanan dan performa mobil tersebut. Bahkan jika kurang pas, ban akan meletus dan berbahaya, inilah salah satu penyebab ban meletus pada mobil dan masih banyak penyebab lainnya.

Berapa Tekanan Angin Pada Ban Mobil Yang Ideal?

Setiap Mobil mempunyai tekanan angin pada ban nya yang berbeda beda, tergantung jenis ban dan merek mobil atau merek ban  yang sudah di atur dari pabrikannya tersebut.

Untuk mengecek aturan tekanan angin pada ban atau Informasi tekanan ban (Tire-Loading Information) pada ban mobil kalian sesuai standart pabrikannya, kalian coba cek di frame pilar pintu depan kanan mobil (pintu sopir).

Saya contohkan disini adalah Ukuran standar ban yang dianjurkan oleh pabrikan untuk Mobil Xenia All New Type M 1000 CC adalah 165/80R13 83 S, tekanan angin ban depan 33 Psi (230 kPa) dan belakang 36 Psi (250 kPa).

Contoh lain Mobil Toyota All New Kijang Innova, ukuran standar ban 205/65R16 dan tekanan angin  ban depan maupun belakang sama, yaitu 33 psi. Tetapi, jika memuat 7 orang penumpang maka tekanan ban belakang dinaikkan menjadi 36 Psi. ini sesuai standar nya sob.


Tekanan Angin pada Ban Standart 


Berikut ini adalah tabel daftar tekanan angin pada ban mobil sesuai dengan jenis Mobil tersebut.
  • Mobil MPV (Avanza, Kijang, Ertiga, Mobilio, Xenia, Sigra dan sejenisnya) : (30 – 33) Psi.
  • Mobil Niaga (Pick Up dan angkot) : (30 – 35) Psi.
  • Mobil City Car (Honda Brio, Jazz, Picanto, Yaris, Ayla, Agya, dan sejenisnya) : (29 – 32) Psi.
  • Mobil Niaga (Pick Up dan angkot) : (30 – 35) Psi.
  • Mobil Sedan (Honda Civic, Toyota Corolla, Vios, dan sejenisnya) : (28 – 31) Psi.
  • Mobil SUV (Fortuner dan Pajero) : (35 – 40) Psi.

Tekanan angin di ban di pengaruhi oleh temperatur udara di lingkungan kita, di indonesia tekanan angin pada mobil yang standart adalah 28 sampai dengan 33 Psi. dan dari tabel di atas sudah di sesuaikan dengan jenis mobil dan tekanan angin di ban mobil sesuai standar. Tekanan angin pada banmobil mu bisa disesuiakan dengan kebutuhan mu. Semoga sedikit ini bisa memeberi manfaat.







0 Response to "Tekanan Angin Pada Ban Mobil Yang Pas Untuk Mudik dan perjalanan Jauh"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel