Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Motor Matic Paling irit dan tangguh terbaru 2021

motor matic paling irit dan tangguh 2021



Motor matic paling irit dan tangguh terbaru 2021 - Sepeda motor menjadi alat transportasi yang paling populer di Indonesia. Bentuknya yang ringkas, harga yang lebih terjangkau menjadi salah satu faktor penting mengapa sepeda motor lebih dipilih.

Selain itu, kemudahan pengoperasian sepeda motor jenis matik atau disebut skuter matik juga menjadi pertimbangan. Sebab, menggunakan skuter matik hanya perlu gas dan rem saja tanpa harus menyesuaikan kopling dan gigi seperti motor bebek dan motor sport.

Selain itu, pilihan skutik di Indonesia juga beragam, dan banyak ditawarkan oleh pabrikan besar, seperti Honda, Suzuki, dan Yamaha. Dengan beragam skutik yang ditawarkan di Indonesia, konsumen tentunya juga memilih motor yang irit bahan bakar. Hal tersebut, kemudian didukung dengan berbagai pilihan kapasitas mesin, mulai dari 110cc hingga 250cc, bahkan ada yang 500cc.

Nah, bagi yang masih bingung untuk memilih skutik yang mudah digunakan sehari-hari dan irit bahan bakar, berikut beberapa rekomendasinya yang diambil dari laman resmi Federal Oil:

1.Honda Genio

Honda Genio salah satu motor matic terbaru dari Honda, tampilan motor matic ini berbeda dengan motor Honda lainnya.

Genio mengaplikasikan dua gaya yakni retro modern, casis yang digunakan pun berbeda dengan motor Honda lainnya.

smart architecture frame (eSAF). Berbeda dari motor-motor Honda sebelumnya, rangka ini diklaim mampu meningkatkan stabilitas handling sehingga skutik paling irit ini mudah ditunggangi, ringan, dan asik untuk bermanuver.

Menggunakan mesin berkapasitas 109,5 cc, SOHC, 4-langkah, dan sudah berteknologi eSP, motor ini hemat bahan bakar. Tak tanggung-tanggung, untuk 1 liter bahan bakar, motor ini mampu melaju sejauh 51,3 km.       

2. Honda BeAT

Motor matic Honda BeAT punya bodi yang ramping tentu akan sangat lincah digunakan di jalan0jalan sempit.

Dibekali dengan mesin 110 cc esP yang menawarkan daya maksimal sebesar 6,6 km/7.500 rpm dan torsi maksimal sebesar 9,3 Nm/5.500 rpm.

Menariknya lagi, motor ini juga dibekali dengan beberapa fitur menarik, sebut saja teknologi LED pada lampu depan hingga fitur

power charger, sehingga pemilik bisa mengisi daya ponselnya sambil berkendara.

Honda Beat berhasil menyabet gelar sebagai motor matic paling irit untuk kelas 110 – 115 cc di Otomotif Award pada tahun 2009 sampai 2010. Penghargaan tersebut tak lepas dari pencapaian konsumsi bahan bakar 73.5 km/liter melalui mesin 4 Langkah SOHC dengan sistem pendingin udara. Tentunya keiritan Honda Beat saat ini jauh lebih baik, karena Honda sudah menambahkan teknologi eSP yang berpadu dengan sistem pembakaran Injeksi (PGM-FI) sehingga performa mesin tetap bertenaga, dan mampu menghasilkan daya maksimum sebesar 8.68 ps pada putaran mesin 7.500 rpm, serta torsi maksimum 9,01 N.m pada 6.500 rpm. Selain itu, Honda juga menyediakan banyak sekali varian Honda Beat, mulai dari versi Beat Esp dengan varian CW, CBS, ISS, dan varian BeAT POP eSP

3.Suzuki Nex II

Suzuki Nex II dibekali jantung mekanis berkapasitas 113 cc dengan teknologi SEP (Suzuki Eco Performance) yang mampu membuatnya memiliki catatan konsumsi bahan bakar di angka 48,8 km/liter.

Sama seperti motor matic paling irit yang kami rekomendasikan diatas, Suzuki Nex Fi juga dilengkapi mesin berteknologi Fuel Injection yang membuat motor matic ini memiliki emisi gas buang lebih rendah, serta meningkatkan Efisiensi BBM menjadi lebih irit dibandingkan motor matic sekelasnya.

 Lebih hebatnya lagi, teknologi Injeksi yang diberi nama Suzuki Performance (SUPER) Fuel Injection pernah mencatatkan rekor pemakaian bahan bakar bensi 82.6 km per liter, sehingga membuatnya sebagai salah satu motor matic paling irit di Indonesia. Walaupun begitu, semuanya tergantung dari tingkat kecepatan anda menggeber motor ini, karena dibutuhkan kestabilan kecepatan untuk meraih keiritan mesin yang optimal.


Motor Matic Paling Irit Kelas 110 cc  - 125 cc


4.Yamaha Mio S

Meski sebagai motor matic, Yamaha Mio S dibekali dengan beragam fitur canggih oleh Yamaha. Adapun fitur tersebut diklaim bisa membuah motor matic pesain Honda BeAT ini yakni ECO Indicator.

Yamaha mengklaim kalau konsumsi BBM bisa lebih irit 5% sampai 10%. ECO indicator ini sendiri akan menyala hijau saat motor sedang berada dalam kecepatan 20 km/jam sampai 60 km/jam.

Motor ini juga menjadi salah satu skutik paling irit ini menggunakan mesin berkapasitas 125 cc yang mampu menyemburkan daya maksimum sebesar 9,38 dk/8.000 rpm dan torsi maksimum 9,6 Nm/5.500 rpm.

Sementara untuk konsumsi bahan bakarnya, Yamaha Mio S mampu berjalan sejauh 46,1 km dengan 1 liter bahan bakar.

5.Honda Vario 125

Honda Vario 125 sudah dibekali dengan alarm serta sistem pencahayaan yang full digital. Di atas kertas, Honda memberi mesin 125 cc yang mantap ke Vario 125. Jantung mekanis ini bisa memuntahkan torsi 10,8 Nm pada 5.000 rpm dan tenaga maksimal 11 hp pada 8.500 rpm.

Bagaimana dengan konsumsi bahan bakarnya? Honda Vario 125 mampu mencatatkan 45,1 km/liter.

 

Motor Matic Paling Irit dan Nyaman 2021

Yamaha Mio M3 125 

Motor ini menawarkan fitur-fitur canggih, dan salah satunya adalah fitur Eco Lamp Indicator yang fungsinyauntuk memudahkan konsumen mengontrol penggunaan bahan bakar motor matic Injeksi ini. Mesin sudah terbukti sangat irit, dan diklaim mempunyai rasio konsumsi BBM 1 liter untuk menempuh jarak 60.3 km.


Honda Scoopy Esp

Motor matic paling irit di Indonesia selanjutnya adalah tipe Honda Scoopy Esp. Motor dengan desain retro tersebut hanya butuh 1 liter bensin untuk menempuh jarak 61.9 km, sehingga membuatnya menjadi salah satu motor matic Injeksi teirit saat ini. Kehebatan mesin motor ini tak usah diragukan lagi, karena membawa teknologi Esp “Enhanced Smart Power” yang mampu meningkatkan efisiensi pembakaran mesin dan meminimalisir energi terbuang, sehingga mengoptimalkan performa kendaraan. Selain itu, Honda juga memberikan teknologi CBS, PGM-FI, serta teknologi ISS yang berguna untuk mengurangi emisi gas buang dan konsumsi bahan bakar ketika sepeda motor ini berada pada kondisi diam.

 

Honda Vario 150 Esp

Mesin besar berkapasitas 150cc tak menghalagi Honda Vario 150 eSP sebagai salah satu motor matic paling irit di Indonesia. Berbekal mesin 4 langkah SOHC yang dilengkapi sistem pendingin cairan, motor ini memiliki konsumsi BBM dengan rasio 1 liter untuk menempuh jarak 52.9 km. 

Keiritan Honda Vario 150 eSP sebenarnya tak lepas dari teknologi PGM-FI yang mengoptimalkan sistem pembakaran Vari 150 eSP agar lebih ramaha lingkungan dan sesuai dengan standard emisi Euro 3. Selain itu, motor ini juga dilengkapi fitur Idling Stop System yang secara otomatis mampu mematikan mesin dan menghidupkannya kembali dalam hitungan beberapa detik saja.

Fino 125

Selain Mio M3 125 Blue Core, Yamaha juga memiliki motor matic paling irit dengan mesin berkapasitas 125 cc, yaitu tipe Yamaha New Fino 125 Blue Core. Kehebaan motor ini diklaim 50% lebih irit dibandingkan Yamaha Fino yang memakai sistem pembakaran karburator. 

Padahal kapasitas mesinnya meningkat dari 110cc menjadi 125cc dan mengadopsi mesin satu silinder SOHC yang mampu mengeluarkan tenaga maksimum 9.52 ps dan torsi mencapai 9.6 N.m. Berbekal mesin lebih irit, dan desian lebih stylsih, motor matic berteknologi Blue Core dan memiliki fitur Eco Indicator tersebut, tentunya bisa menjadi pilihan tepat bagi sobat otomotif yang mencari motor matic paling irit di Indonesia.