Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BANSOS Kemensos Bulan Ramadan 2024 Siap Cair! Cek SEKARANG Juga!

BANSOS Kemensos Bulan Ramadan 2024 Siap Cair! Cek SEKARANG Juga!

Kabar Baru penuh berkah di bulan suci, untuk para penerima bantuan sosial (bansos) dari pemerintah, karena bulan Ramadan yang akan tiba pada bulan Maret 2024, kabarnya akan membawa beberapa jenis bansos yang dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan pokok dan merayakan hari lebaran.

Salah satu bansos yang akan disalurkan adalah Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) tahap 2 dan 3, yang diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang terdaftar sebagai penerima Program Keluarga Harapan (PKH) atau penerima Kartu Sembako. Besaran bansos ini adalah Rp400 ribu per bulan per KPM, sehingga totalnya menjadi Rp800 ribu untuk dua bulan.

Selain itu, ada juga bansos BLT Mitigasi Risiko Pangan yang diperuntukkan bagi KPM yang terdampak pandemi. Bansos ini sebesar Rp600 ribu per bulan per KPM, dan kemungkinan akan disalurkan bersamaan dengan BPNT. Jika demikian, maka total bansos yang akan didapat oleh KPM adalah Rp1 juta.

Syarat dan Ketentuan Agar Mendapatkan Bansos 2024

  • KPM harus terdaftar sebagai penerima BPNT saja, atau penerima BPNT+PKH yang telah mendapat bansos per bulan Januari 2024.
  • KPM harus memiliki Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) atau Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang masih berlaku.
  • KPM harus memiliki nomor rekening bank Himbara (BRI, BNI, BSI, Mandiri) atau PT Pos Indonesia yang sesuai dengan data di DTKS Kemensos.
  • KPM harus memenuhi kriteria keluarga kurang mampu yang ditetapkan oleh Kemensos.

Untuk mengecek apakah Anda termasuk dalam daftar penerima bansos Rp1 juta atau tidak, Anda bisa mengunjungi situs resmi Kemensos melalui cekbansos.kemensos.go.id. Di sana, Anda bisa memasukkan nomor KKS atau KIP Anda dan melihat status bansos Anda.

Anda juga bisa menghubungi call center Kemensos di nomor 1500299 atau mengirimkan email ke bansos@kemensos.go.id jika Anda memiliki pertanyaan atau keluhan terkait bansos.

Selain itu, Anda juga bisa mengikuti akun media sosial Kemensos RI di Facebook, Instagram, Telegram, atau website resmi Kemensos untuk mendapatkan informasi terbaru tentang bansos. Jangan sampai ketinggalan informasi penting tentang bansos, karena bansos ini bisa membantu Anda dan keluarga Anda di masa sulit ini.