Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menurunkan Gigi Motor Bebek Secara Halus

Cara Menurunkan Gigi Motor Bebek Secara Halus


Cara Menurunkan Gigi Motor Bebek Secara Halus - Bagaimana cara yang benar untuk mengurangi putaran mesin? Setiap pengendara sepeda motor harus menguasai teknik pengendalian gigi sepeda motor. Ini melibatkan pengangkatan dan penurunan roda gigi mesin dengan pengoperasian yang benar. Proses perpindahan gigi bisa dikatakan berhasil jika prosesnya terasa halus dan performa mesin tetap stabil.


Mengganti gigi mesin sangat mudah dan sulit. Anda sebenarnya harus menekan tuas persneling namun dibutuhkan intuisi yang matang untuk menentukan kapan saatnya mengganti persneling. Selama proses penyusutan sedang berlangsung putaran mesin tidak terpengaruh oleh goncangan atau putaran yang berlebihan.


Pada sepeda motor tipe bebek, menurunkan gigi wajib dilakukan di waktu yang tepat. Kebanyakan orang biasanya menaikkan gear ketika RPM sedang tinggi sehingga mesin tetap kuat meneruskan putarannya yang semakin naik. Begitu pula dengan menurunkan gigi, prosesnya sebaiknya dilaksanakan di RPM yang lebih rendah sehingga kinerja mesin tetap selaras dengan perlambatan sepeda motor.

Pada umumnya untuk urutan gigi motor adalah N-1-2-3-4, n adalah netral, kemudian gigi 1 -4 pada umumnya.

dengan cara memasukan gigi maju dan untuk mengurangi gigi yaitu mundur.

Sementara itu, menurunkan gigi pada motor tipe sport pun ada tekniknya tersendiri. Dalam sekali tarik kopling, pengoperan ini tidak bisa langsung dilakukan lebih dari satu transmisi. Yang benar, proses penurunannya harus dilaksanakan satu per satu denga menarik kopling beberapa kali sesuai dengan jumlah gigi yang ingin diturunkan.


Usahakan pula saat penarikannya, posisi tuas kopling tidak terlalu dekat dengan jari. Hal ini berguna untuk menghindari proses perpindahan gigi yang terasa kasar. Teknik ini juga dapat mencegah timbulnya kesalahan ketika berlansungnya sinkronisasi antara gigi transmisi dengan putaran mesin dan kecepatan sepeda motor.


Posisi tangan juga berperan penting dalam mendukung proses deselerasi motor supaya dapat berjalan mulus. Dianjurkan juga untuk selalu meletakkan telunjuk dan jari tengah pada tangan kanan di tuas rem depan sehingga gampang ditarik setiap saat. Selamat mencoba!