Inilah 6 Tips Ganti Oli Supra X 125

6 tips ganti oli supra x 125

Berbagitips.co

Oli adalah salah satu komponen yang sangat penting dalam sepeda motor. Dengan adanya oli, performa mesin motor dapat bekerja dengan maksimal. Itulah kenapa, mengganti oli sangat penting. Nah, bagi pemilik motor supra X 125, Anda bisa mencari tahu tips ganti oli supra X 125 pada ulasan di bawah ini.

Melakukan penggantian oli secara rutin, sangat penting untuk dilakukan, hal ini dapat berpengaruh pada performa kendaraannya. Untuk itu, jangan lupa selalu mengganti oli dengan tepat waktu. 


Tips Ganti Oli Supra X 125

Berikut ini tips mengganti oli supra tipe X 125 yang dapat Anda lakukan.

  1. Siapkan Alat untuk Mengganti Oli

Dalam mengganti oli motor, pertama Anda harus menyiapkan peralatannya terlebih dahulu seperti wadah untuk penampung oli dan alat lainnya. 

  1. Pastikan Kondisi Mesin dingin

Kedua, untuk memulai penggantian oli, Anda harus memastikan mesin motor tersebut dalam kondisi dingin. Hal ini akan meminimalisir kerusakan yang terjadi saat penggantian oli.

  1. Langkah Awal Melakukan Penggantian Oli

Sebelum langsung melakukan penggantian oli, Anda harus me-standar dua pada motor tersebut untuk memudahkan dalam membuka baut pada pembuangan oli, tepatnya di bagian kiri blok mesin.

Bukalah baut yang digunakan dalam pengisian oli pada bagian atas kanan blok mesin setelah Anda melakukan standar dua pada motor.

  1. Proses Pembuangan Sisa Oli

Dalam proses pembuangan sisa oli, Anda bisa menghembuskan udara kompresor pada lubang pengisian oli untuk mempercepat proses pembuangan sisa-sisa oli. 

Jika tidak memiliki alat kompresor Anda bisa menghentakan kick starter secara berulang hingga pelumas pada mesin ikut keluar.

Biasanya cara ini cukup memakan waktu banyak, sebab harus mendiamkannya hingga semalaman sehingga oli terkuras habis. 

Selanjutnya bersihkan saringan pelumas yang terletak pada baut pembuangan oli. Setelah Anda membersihkannya, selanjutnya Anda bisa memasang kembali saringan pelumasnya. Lakukan pengencangan baut yang ada pada penutup pembuangannya, ya. 

  1. Mengisi Oli Baru

Setelah membuang sisa oli dan membersihkan pelumas serta memasangkannya kembali, selanjutnya Anda bisa langsung melakukan pengisian oli baru. 

Dalam pengisian oli baru, Anda harus mengisi bak mesin dengan oli yang sesuai dengan spesifikasi motornya . Anda bisa memastikannya lubang pengisian pelumas oli. Setelah mengisi oli, jangan lupa pasang kembali baut pengukur dan kencangkan.

  1. Uji Coba

Setelah selesai melakukan proses pengisian oli, Anda bisa langsung menyalakan mesin motor dan membiarkannya dalam kondisi stasioner untuk beberapa menit agar pelumas dapat bersirkulasi terhadap mesinnya.

Lalu matikan mesin motor dan posisikan dengan posisi tegak menggunakan standar tengah. Dalam melakukan finishing, Anda harus memeriksa baut pengukur oli agar tinggi permukaannya berada pada garis batas di atas baut pengukurnya. 

Nah setelah memastikannya, barulah Anda bisa menggunakan kembali kendaraan tersebut untuk aktivitas sehari-hari Anda. 


Pentingkah Mengganti Oli? 


Kenapa harus mengganti oli? Dengan mengganti oli secara rutin dan lebih teratur, maka performa mesin dapat terjaga dengan lebih optimal. 

Sebab, jika Anda jarang sekali melakukan penggantian oli, akan berakibat pada kerusakan mesin olinya hal ini dipengaruhi oleh pelumas mesin tidak maksimal.

Hal yang dapat mempengaruhi waktu penggalian oli salah satunya kondisi suhu jalan yang dilalui beserta jarak tempuh yang dilakukan oleh kendaraan tersebut. 

Maka dari itu, Anda perlu melakukan penggantian oli secara rutin untuk menghindari dampak-dampak lain yang bisa berakibat fatal.

Dengan mengetahui tips ganti oli supra X 125, kini Anda bisa melakukan penggantian oli secara lebih rutin dengan batas waktu tertentu.

Belum ada Komentar untuk " Inilah 6 Tips Ganti Oli Supra X 125"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1 Mgid

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel Terkait