16 Cara Cek Komponen Sebelum Membeli Motor Bekas Ninja 250

 
Tips dan Cara Cek Komponen Sebelum Membeli Motor Bekas Ninja 250

Tips dan cara cek komponen sebelum membeli motor bekas ninja 250 banyak sekali yang sudah paham namun ada saja yang masih terlewatkan hal kecil yang belum di cek, al hasil buruan motor impian ninja 250 fi tidak maksimal.

Membeli motor motor bekas atau motor second saat ini masih banyak peminatnya, karena  bisa jadi alternatif bagi konsumen yang ingin membeli motor impian namun terbentur terbatasnya dana.

Salah satu varian motor seken yang banyak diburu oleh konsumen apalagi anak muda jaman sekarang adalah Kawasaki Ninja 250 FI.

Penyebabnya apalagi kalau bukan karena kebesaran nama Ninja dan raungan mesin 2 silinder yang ditopang tampilan moge looknya, yang anak muda banget lah.

Apalagi harganya saat ini mulai terjangkau, mulai tahun yang injeksi awal 2013 pasaran harga mulai 20 an – 30 an juta saja di Jakarta, untuk daerah lain misalkan semarang bias cek di video bawah ini:

 



 

Nah Sobatotomotif, buat kamu yang ingin membeli Ninja 250 FI bekas wajib simak komponen komponen apa saja yang perlu mendapat perhatian lebih. Dan cuka Tips Tips sebelum membeli motor bekas ninja 250 fi incaran kamu…

 

Cek Komponen dan Tips Cara Membeli Motor Ninja Bekas

 

1.Cek Shockbreaker

Pengecekan kondisi komponen suspensi juga harus dilakukan, terjadi kebocoran atau tidak. Ini wajib sobat, karena jika shocbraker depan dan tengah bocor, maka di pastikan motor itu tidak layak di beli,

Jika memaksa ingin beli pasti kalian akan sediakan dana lain untuk servise shockbraker ini, dan pastinya agak mahal.

"Cara cek shockbreaker yang bocor cukup ditekan-tekan motornya, sambil dilihat apakah ada oli yang keluar, bila tidak tandanya bagus," pungkasnya.

Jika terdapat kerusakan pada komponen ini seperti bocor atau baret pada komponen ini, harga penggantiannya cukup mahal.

 

"Cek kaki-kaki dulu. Mulai dari shockbreaker, karena harganya cukup mahal jika harus diganti. Pastikan shock itu masih bagus dan tidak bocor," kata Eddy Yulianto, Kepala Mekanik Super Sukses Motor Kawasaki di Fatmawati, Jakarta Selatan kepada GridOto.com (12/12).

 

2.Cek Kondisi Standar Motor

Langkah selanjutnya, cek apakah motor selama digunakan lebih sering menggunakan standar samping atau menggunakan paddock.

Penggunaan standar samping yang terlalu sering akan menyebabkan suspensi tidak seimbang.

Hal ini karena suspensi motor terlalu sering menjadi tumpuan pada satu sisi saja sehingga masa pakai suspensi yang menjadi tumpuan menjadi lebih cepat.

Ada baiknya memilih motor yang sering menggunakan paddock untuk mengurangi resiko penggantian part suspensi.

 

3.Cek Nap Gear

Pengecekan ini diperlukan apabila motor yang hendak Anda beli sudah menggunakan pelek racing.

Kondisi nap gear yang sudah tidak bagus akan berimbas pada penggantian bearing dengan masa yang lebih cepat dari kondisi normalnya.

 

4.Cek Rantai Keteng atau Rantai Mesin

Bagian mesin perhatikan kondisi rantai ketengnya. Karena motor dengan masa pakai 3 tahun ke atas itu pasti sudah perlu diganti

Untuk mengecek rantai keteng ini, dengarkan suara “mengelitik” yang dihasilkan mesin.

Bunyi ini jika didengarkan secara jeli akan berbeda dengan suara mesin yang normal.

 

5.Cek Sistem Injeksi

Pengecekan ini diperlukan untuk melihat apakah terdapat masalah pada sensor yang ada di motor. Karena di sistem injeksi ini banyak sensornya, jadi sebaiknya dicek apakah ada masalah atau tidak

Nah, itulah beberapa tips yang perlu mendapat perhatian lebih ketika anda ingin membeli Kawasaki Ninja 250 FI bekas.

Sebaiknya, pilihlah motor bekas dengan kondisi komponen motor yang masih standar, agar terhindar dari biaya penggantian komponen yang tentunya cukup mahal.

 

6.Cek Sistem Pengereman

Tips sebelum membeli motor ninja 250 fi bekas selanjutnya adalah mengecek sistem pengereman motor. Pastikan kondisi sistem pengereman harus masih bagus. Cek piringan cakram, bila sudah tipis ini bisa jadi salah satu alasan Anda meminta harga lebih rendah.

Banyak yang dengan nakalnya melakukan reset supaya odometer terlihat masih rendah. Padahal jika piringan cakram tipis berarti odometer nya sudah tinggi. Jadi pastikan untuk melihat dengan teliti bagian ini sebelum memutuskan membeli motor ninja 250 bekas incaran.

Setelah kita sedang melakukan test drive , jangan lupa untuk mengecek sistem pengereman dari motor ini. Pengereman adalah salah satu part motor yang memang harus di cek karena menyangkut keamanan dan kenyamanan dalam berkendara. cek juga kedalaman dari pijakan pedal rem dan tarikan dari handle rem.

 

7.Cek Mesin

Selanjutnya, cek komponen yang paling penting yaitu bagian mesin.

Dengarkan suara mesinnya sambil dinyalakan dan putar gas, bila masih halus dan telihat garing dan halus tandanya masih bagus.

Selalu perhatikan apabila baut – baut pada blok mesin sudah lecet atau masih bagus. Bila terlihat lecet maka mesin tersebut bekas bongkaran. Baut – baut yang perlu dicek adalah baut vital seperti baut bak mesin dan baut cylinder.

Kemudian coba hidupkan mesin dan dengarkan suara nya. Suara mesin yang masih bagus terdengar halus dan standar.

Bila suara mesin terdengar berisik artinya ada sesuatu yang salah dengan motor tersebut. Kemungkinan gear keteng atau kamprat motor sudah molor atau aus. Biaya perbaikan kerusakan ini lumayan tinggi, maka hati – hati dan cek dengan benar pada bagian mesin motor.

 

8.Cek Radiator

Pengecekan radiator pada motor bekas sering kali dilupakan para pembeli. Radiator merupakan komponen penting dalam motor 2 cylinder karena motor tipe ini cepat panas. Cek secara mendetail bagian – bagian sekat radiator. Sebaiknya masih mulus dan tidak ada cacat akibat hantaman batu atau kecelakaan.

Bila ada cacat, biaya perbaikan bagian ini sama seperti perbaikan mesin motor. Sebelum mengeluarkan biaya lebih tinggi ada baiknya cek bagian radiator nya agar tetap mendapatkan motor ninja 250 bekas dengan harga murah dan tanpa biaya perbaikan tambahan.

 

9.Cek Speedometer

Selanjutnya cek speedometer motor ninja 250 bekas yang ingin dibeli. Bila angka speedometer dirasa terlalu tinggi dan tidak sesuai dengan umur motor, hal ini patut dicurigai. Ada kemungkinan motor ini dipakai untuk jarak jauh setiap hari nya. Maka perlu dilakukan pengecekan pada rem abs.

Cek juga speedometer motor apakah masih low km atau sudah km tinggi, jika teman teman memilih motor second pastikan low kam, low km adalah kilometer rendah atau jarak tempuh motor yang di bawah 100.000 kilometer.

jika di atas itu serratus ribu kilometer, pasti motor itu capek dan pasti aka nada PR, part part yang sudah berumur perlu diganti.

Cobalah untuk test ride dan bawa motor hingga jarak 100 meter. Sensor rem yang tidak hilang menandakan sistem pengereman rusak atau error.

Biaya perbaikan bagian ini tidak setinggi komponen lain di atas. Mungkin bisa meminta penurunan harga beli kepada penjual atau meminta diganti terlebih dahulu.

 

10.Cek Body body motor ninja 250 fi

Body motor merupakan daya tarik awal dari sebuah motor , sehingga lebih baik cek terlebih dahulu bagian body ini. Cara cekya yaitu pastikan beberapa bagian seperti body samping kiri – kanan , batok lamu , spakboard , headlamp , stoplamp berfungsi dengan baik dan jga tidak ada cacad seperti goresan , patah atau bengkok pada bagian-bagian yang sudah di sampaikan.

Selain itu juga cek bagian baud-baud yang menempel di bagian body motor. Coba cek satu persatua apakah setiap lubang baud ada atau belum. karena cuman karena baud akan berakibat body motor jatuh atau beberapa bagian jatuh karena baud yang tidak ada.Cara ceknya bisa dengan melihatnya dengan mata.

Bodi luar motor ninja 250 bekas juga sangat menentukan harga beli motor ini. Bila ketika dilihat sekilas ada goresan – goresan atau penyok, maka harga yang ditawarkan seharusnya tidak lah tinggi. Terlebih lagi bila goresan dalam jumlah yang banyak bukan hanya satu atau dua goresan.

Jadi lihat sekeliling bodi motor incaran. Pastikan masih mulus dan sesuai dengan warna yang tercatat pada dokumen resminya. Bagian ini paling gampang untuk dicek.

 

11.Cek Aki / Accu Motor Ninja 250

mengecek kesehatan aki dari motor kita. Aki merupakan salah satu peralatan di bagian otomotif untuk mendistribusikan listrik ke beberapa bagian yang memang membutuhkan asupan listrik seperti starter , panel instrumen , lampu dan lain sebagainya.

Cara cek untuk aki ini adalah dengan mengecek jumlah air aki , apabila aki menunjukan di garis loww , ada kemungkinan mobil tidak bisa menyala lagi karena tidak ada sumber listrik. Namun karena apabila kita cek ninja 2 tak kita hanya perlu cek lampu dan klakson nya saja  apabila kampu masih nyala dan klaksok puya suara yang kuat berarti aki motor kita masih bagus.

 

12.Cek Busi

Hampir sama dengan beberapa motor lain , mengecek busi juga menjadi keharusan bagi kita karena apabila busi rusak akan menjadi Penyebab Motor Kurang Tarikan yang sudah pasti kita tidak enak mengendarainya.

Cara ceknya cukup copot busi dari rumah busi dan lihat warna dan keadaanya. Apabila masih bersih dan masih tidak ada warna hitam berarti busi masih bagus. Namun apabila keadaan sebaliknya yaitu warna hitam ada kemungkinan busi sudah rusak / sudah aus.

Mintalah izin untuk cek busi motor ini, jika tidak bias bawalah mekanik atau dari bengkel yang berpengalaman.

 

13.Cek nomor rangka dan nomor mesin

Hampir sama dengan membeli Motor Untuk Wanita Pemula yang second. Kita harus coba untuk mencocokan nomor rangka dan nomor mesin dari yagn ada di surat-surat dengan yang ada dimesin. Lokasi nomor rang biasanya ada di dalam jok atau di tempat yang menempel pada  rangka atau sasis dari motor.

Sedangkan nomor mesin sudahpasti akan menempel pada bagian mesin motor itu. Letaknya tiap motor pasti berbeda namun biasanya tidak jauh dari kaki kita ketika menaiki motor itu alias seputaran kick start

 

14.Coba untuk test drive

Langkah ini merupakan langkah lanjutan dari mengecek kondisi dan performa mesin motor ninja yang akan kita beli nanti. Cobalah mulai dari merasakan hentakan kick start , apakah mudah di nyalakan atau tidak. Setelah memang sudah nyala , kita bisa langsung mencoba melaju dan mengendarai motornya. Ketika sedang test drive cobalah dengan mencoba beberapa pheriperal seperti  transmisi dari motor , berat atau ringanya stang motor , lurus atau tidaknya posisi stang motor .

 

Selain itu juga coba kembali lampu , suspensi dan jok dari motor itu apakah empuk atau tidak. Cek juga keadaan speedo meter ,trip meter , odometer apaah masih berfungsi atau tidak. Setelah semua di cek dengan benar cobalah untuk menarik gas atau mencoba untuk berakselerasi , apakah motor masih bertenaga atau sudah ngempos. apabila motor terlihat lesu mungkin Penyebab Tarikan Motor Ngempos mungkin dari beberapa part mesin yang sudah aus.

 

15.Cek ranted an Gear

Tips terakhir adalah dengan mengecek bagian rante sepeda motor yang akan kita bawa pulang. Cek dimulai dari kondisi warna rante itu sendiri , kekerasan stelan dari rante itu , dan jangan lupa perhatikan di bagian sambungan dari rante apakah ada rante yang sudah jelek atau tidak.

Untuk kondisi rante juga bisa di tanyakan langsung kepada pemilik dari motor yang akan kita beli tadi , apakah pernah putus atau tidak , pernah ganti atau tidak dan kalo pernah ganti apakah memakai rante asli dari pabrikan kawasaki atau membeli rante after market.

Karena tidak perlu di pungkiri karena rante akan menjadi sparepart yang terpenting untuk motor karena memiliki fungsi sebagai penggerak roda dari mesin yang melakukan pembakaran ke ban belakang yang di tarik oleh rante motor

 

16.Kelengkapan Surat – Surat ( STNK dan BPKB)

tips membeli motor ninja 250 bekas yang terakhir adalah melakukan pengecekan dokumen – dokumen penting.

Dokumen penting yang dimaksud adalah BPKB motor dan STNK harus sesuai dengan fisik motor. Mulai dari warna dan nomor mesinnya. Selain itu penting untuk mengecek owner manual guide agar tidak terjadi kesalahan saat pemakaian.

 

cek adanya surat-surat juga bisa membuat kita merasa aman karena apbila tidak ada surat-surat berarti kita tidak tahu asal usul dari motor ini. Karena jangan sampai kita membeli motor hasil curian.

 

Surat bukti pajak juga harus ada bersama dokumen lainnya baik yang tahunan maupun lima tahunan. Jika sudah lengkap pastikan juga penjual memiliki faktur pembelian untuk menghindari hal – hal tidak diinginkan. Seperti misalnya membeli motor curian.

Selalu cek beberapa bagian yang penting terutama surat-surat motornya dan apabila motor tidak ada surat-surat seperti BPKB atau STNK lebih baik urungkan niat membeli motor tersebut karena nanti kita akan kesulitan kedepannya apabila tidak ada surat-surat nya.

Dan juga apabila tidak ada surat-surat kita malah lebih was-was dikarenakan takut motor itu adalah motor hasil curian.

 

Kesimpulan

Itulah tips – tips dan cara cek komponen sebelum membeli motor ninja 250 fi bekas. Dengan Membeli motor bekas menjadi alternatif jika ingin memiliki motor dengan harga rendah.

Namun jangan hanya tergiur harga rendah, motor bekas juga harus memiliki kualitas yang baik. Pastikan motor yang ingin dibeli dalam keadaan bagus dan masih terlihat baru untuk menghindari adanya biaya – biaya perbaikan yang tidak diinginkan.

Jika sobat belum berpengalaman pastikan bawa teman atau montir dari bengkel untuk mengecek komponen komponen di motor ninja 250 fi sesuai list di atas, mungkin ada biaya tambahan untuk jasa tersebut, namun biaya tersebut tidaklah seberapa jika kalian malah keliru atau ketipu membeli motor bekas yang tidak berkualitas, Silahkan meneliti dan menjadi konsumen pintar.

Belum ada Komentar untuk "16 Cara Cek Komponen Sebelum Membeli Motor Bekas Ninja 250"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1 Mgid

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel Terkait