Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian, Keunggulan, dan Harga Injeksi Motor Beat Fi


Pengertian, Keunggulan, dan Harga Injeksi Motor Beat Fi


inukotovlog.com - Jika sebelum-sebelumnya, Anda mungkin saja hanya mengenal sistem bahan bakar dengan sistem karburator (mesin karbu). Kini dengan berkembangnya zaman, para produsen motor mulai mengembangkan beberapa motor dengan sistem injeksi motor.

Dimana sistem bahan bakar yang satu ini dinilai lebih ramah lingkungan, jika dibandingkan dengan sistem bahan bakar terdahulu, yang tak lain adalah sistem bahan bakar dengan karburator. Namun apa sebenarnya yang dimaksud dengan sistem injeksi ini? Yuk cari tahu jawabannya di bawah ini!

Pengertian dari Sistem Bahan Bakar Injeksi Motor

Jika mendengar istilah sistem injeksi pada motor, tentunya hal ini akan menimbulkan pertanyaan bagi Anda yang memang awam mengenai hal itu. Dimana salah satunya mungkin saja pertanyaan mengenai “apa itu injeksi motor?”

Bukan hanya itu saja, mungkin saja, Anda juga memiliki sejumlah pertanyaan lainnya seperti, “apa keunggulan dari sistem injeksi ini? dan berapa harga dari injektor motor Honda yang mungkin saja saat ini tengah Anda kendarai? dan beberapa pertanyaan lainnya.

Namun Anda tak perlu khawatir, karena Anda bisa menemukan semua jawabannya disini. Secara umum, yang dimaksud dengan injeksi motor ini yaitu salah satu sistem bahan bakar yang ada pada sejumlah sepeda motor.

Dimana dalam sistem bahan bakar yang digunakan, motor injeksi umumnya menggunakan teknologi injeksi elektronik. Dalam arti, bahan bakar yang ada dalam motor injeksi biasanya akan diinjeksikan ke dalam sebuah mesin, dengan bantuan injektor, yang terlebih dahulu dikontrol oleh sebuah pengontrol unit mesin yang dikenal dengan nama ECU (Engine Control Unit).

Jika dibandingkan dengan sepeda motor yang menggunakan sistem bahan bakar karburator, jelas terlihat bahwa motor dengan sistem injeksi ini terbilang lebih unggul. Mengapa demikian? Temukan jawabannya dalam pembahasan di bawah ini!

Keunggulan Motor dengan Sistem Injeksi

  • Bahan Bakar Diukur Secara Tepat dan Akurat  

Keunggulan pertama dari motor yang menggunakan sistem injeksi tak lain adalah karena pada sistem injeksi motor, bahan bakar akan diukur oleh sejumlah sensor-sensor khusus. Tujuannya tidak lain agar penggunaan bahan bakar ini bisa dilakukan secara tepat dan akurat.

  • Irit Bahan Bakar

Karena diukur secara akurat, maka tentunya penggunaan bahan bakar bisa menjadi lebih hemat. Dengan kata lain, keunggulan lainnya dari motor dengan sistem injeksi yaitu yang mana motor dengan sistem ini cenderung lebih irit bahan bakar, ika dibandingkan dengan motor yang menggunakan sistem karburator.

  • Tenaga yang Dihasilkan Lebih Besar

Bukan hanya irit bakar saja, tenaga yang dihasilkan oleh sejumlah motor yang menggunakan sistem injeksi ini dinilai lebih besar dan optimal. Hal ini dikarenakan, setelah diukur secara tepat, bahan bakar pada sistem injeksi motor umumnya akan disemprotkan ke dalam ruangan khusus, yang dikenal dengan ruangan bahan bakar.

Dimana jika disemprotkan secara tepat dan akurat, yang umumnya dilakukan oleh ECU (Engine Control Unit) ini, memungkinkan proses pencampuran bahan bakar dan juga udara pada injeksi motor akan menjadi lebih mudah. Sehingga tenaga yang dihasilkan juga akan menjadi lebih besar dan optimal.

  • Perawatan dan Servis Injeksi yang Lebih Mudah

Keunggulan lainnya dari injeksi motor yaitu perawatannya yang terbilang lebih mudah. Setidaknya jika dibandingkan dengan proses perawatan yang biasa dilakukan pada motor yang menggunakan sistem karburator.

Bukan hanya itu saja, jika kebetulan motor injeksi ini tengah mengalami masalah, maupun saat motor Anda membutuhkan pengecekan dan perawatan secara rutin, maka Anda bisa dengan mudah menemukan tempat servis motor dengan sistem ini. Karena hampir semua bengkel dan tempat servis motor saat ini menawarkan layanan servis motor dengan sistem injeksi.

  • Lebih Ramah Lingkungan                 

Bisa dibilang, hampir semua produsen sepeda motor di masa ini mengungkapkan bahwa alasan mereka mulai membuat dan mengembangkan sepeda motor dengan sistem injeksi karena memang motor dengan sistem bahan bakar yang satu ini cenderung lebih ramah lingkungan. Hal ini dikarenakan, emisi gas yang terbuang dari injeksi motor ini cenderung lebih rendah.

Berapa Biaya Servis untuk Injeksi Motor?

Meskipun motor dengan sistem injeksi ini dinilai lebih awet jika dibandingkan dengan motor dengan sistem karburator. Namun sebagai antisipasi, Anda tentunya perlu melakukan perawatan secara berkala, yang bisa Anda lakukan di tempat jasa servis motor injeksi langganan Anda.

Untuk jasa servis untuk motor injeksi ini, sejumlah tempat servis biasanya mematok harga/biaya servis yang berbeda-beda. Namun sebagai gambaran bagi Anda, umumnya, jasa servis motor injeksi untuk jenis matic maupun bebek biasanya berkisar mulai dari 50 ribu rupiah.

Sementara untuk motor injeksi dengan jenis sport 250CC 2 silinder, biaya servis yang ditawarkan oleh jasa servis injeksi ini biasanya mulai dari 100 ribu rupiah. Dimana harga dengan nominal tersebut berlaku untuk layanan servis untuk 2 buah injektor yang ada pada motor sport 250CC 2 silinder tersebut.

Di sisi lain, tarif berbeda ditawarkan oleh tempat servis khusus motor Honda. Dimana biaya servis untuk motor Honda dengan sistem injeksi ini biasanya dibanderol dengan harga 67 ribu rupiah. Dimana harga tersebut berlaku untuk motor Honda dengan jenis bebek, matic, maupun sport.

Harga Injeksi Honda Beat

Honda Beat Fi merupakan salah satu motor Honda yang menggunakan injeksi motor. Dimana jika sebelumnya, Honda meluncurkan Honda Beat karbu di tahun 2008 hingga tahun 2012. Maka di akhir tahun 2012, tepatnya di bulan Oktober 2012. Honda mulai meluncurkan motor Honda Beat dengan sistem injeksi yang dikenal dengan Honda Beat Fi.

Bagi Anda yang kebetulan menggunakan motor Honda dengan jenis ini, dan ingin mengganti injektor dari motor Anda tersebut. Maka tentunya, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu mengenai harga injeksi Beat dengan sistem bahan bakar injeksi motor, atau yang lebih dikenal dengan Beat Fi ini.

BACA JUGA: Oli Yang Bagus Untuk Motor Beat Karbu

 

Sekedar informasi, di pasaran saat ini, injektor Honda Beat Fi dijual mulai dari 68 ribu hingga 315 ribu rupiah. Namun biasanya, injector untuk Honda Beat Fi ini cenderung sama dengan injektor untuk Honda Vario 110 Fi, Honda Spacy Fi, maupun Honda Scoopy Fi. Jadi bisa dipastikan, Anda bisa dengan mudah menemukan injektor Honda Beat Fi ini di hampir semua gerai sparepart Honda.

Dari penjelasan diatas, tentunya Anda kini sudah memahami sekaligus mendapatkan jawaban atas pertanyaan Anda mengenai apa yang dinamakan injeksi motor, keunggulan, hingga harga injektor Beat Fi, yang merupakan satu-satunya motor Honda Beat yang menggunakan sistem injeksi, sebagai sistem bahan bakar yang digunakannya.