Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Setelah di Rumah, Komponen Motor Bekas Ini Harus Diganti!

Setelah di Rumah, Komponen Motor Bekas Ini Harus Diganti!
Setelah di Rumah, Komponen Motor Bekas Ini Harus Diganti!


inukotovlog.com - Ada beberapa bagian komponen motor bekas yang harus segera diganti ketika sudah sampai di rumah. Meskipun Anda telah mendapatkan harga yang lebih murah, namun tetap saja ada beberapa hal yang harus diperhatikan lebih teliti lagi. Supaya Anda bisa mendapatkan motor yang sesuai dan nyaman dipakai untuk memenuhi kegiatan sehari-hari.

Maka dari itulah sebenarnya tidak ada masalah jika ingin membeli motor bekas, terlebih harga yang baru relatif tinggi. Namun meskipun begitu membeli motor bekas tidak boleh asal. Jangan sampai hanya karena Anda membeli dengan harga lebih murah namun kualitasnya buruk. Jadi sebaiknya cek dulu semua komponennya sebelum membeli motor bekas.

Bila perlu, lakukan pergantian komponennya sebelum menggunakannya dalam waktu lama. Jadi meskipun ketika membelinya penjual telah memastikan motornya dalam kondisi sehat. Namun tetap saja tidak semua komponen tersebut siap dipakai. Barulah setelah melakukan pemeriksaan, selanjutnya gantilah beberapa komponen berikut, yaitu busi, oli, kampas rem, gear set, filter udara, dan aki.

Busi, Oli, dan Kampas Rem

Busi adalah salah satu komponen motor bekas yang harus segera diganti setelah membelinya dan membawa pulang ke rumah, karena busi adalah salah satu komponen yang sangat berpengaruh terhadap performa motor. Sayangnya banyak orang suka mencucinya saja dan mengatur ulang kerenggangannya saja daripada membeli busi yang baru.

Padahal, meskipun cara ini efektif, namun tidak akan bertahan lama dalam mengoptimalkan sistem pengapian. Sedangkan oli juga demikian. Penjual boleh saja berkata telah mengganti oli yang baru, namun tetap gantilah bagian ini, karena Anda tidak pernah tahu oli apa yang digunakan. Apakah oli yang bagus atau justru campuran dari stempet.

Selanjutnya bagian lainnya yang harus diganti adalah kampas rem. Umumnya ketika membeli motor bekas yang diperhatikan bagian fungsi pengeremannya saja. Padahal memperhatikan bagian kampas rem juga penting, bahkan perannya sangat serius untuk menjaga keamanan penggunanya. Maka dari itulah komponen ini harus segera diganti jika Anda baru saja membeli motor bekas.

Gear Set, Filter Udara, dan Aki

Gear set salah satu komponen motor bekas yang harus diganti setelah dibeli. Apalagi bila pemilik motor sebelumnya kurang peduli terhadap kondisi gear seat baik dari rantai, gear depan dan belakangnya, maka bagian ini wajib diganti. Karena saat mata gear mulai aus, rantainya molor, biasanya kondisi motor menjadi tidak normal.

Hal ini berlaku pada filter udaranya. Jika pemilik lama tidak begitu memahami perawatan motor dan acuh terhadap filter udara, pastinya kondisinya akan sangat kotor saat dicek. Padahal saat filter udara sudah tidak layak, motor tidak akan bisa berakselerasi dengan baik. Maka jika motor terasa berat, artinya filter udara harus diganti!

Selanjutnya di bagian aki juga demikian. Bila kondisi elektrik starter motor bekas yang Anda beli sudah tidak berfungsi lagi, lampu sein tidak berkedip, dan bunyi klaksonnya bermasalah, maka akinya harus segera diganti. Jika tidak, masalah ini akan berlanjut lebih parah lagi seperti yang terjadi pada masalah mesin motornya.

Saat membeli motor bekas di Semarang, pastikan knalpotnya tidak mengeluarkan asap dan suara mesinnya halus. Sehingga cukup diservis saja semua masalah akan teratasi. Berbeda lagi jika kondisi mesinnya tidak halus lagi dan mengeluarkan asap, maka ada beberapa bagian komponen motor bekas yang harus diganti supaya kembali prima dan aman digunakan.