Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merawat Motor Matic Supaya Tetap Awet Hingga Bertahun-tahun


Cara Merawat Motor Matic Supaya Tetap Awet Hingga Bertahun-tahun by inukotovlog.com

Inukotovlog.com - Bagi kamu yang sangat mencintai dunia Otomotif dan punya motor matic tentu harus mengetahui cara merawat motor matic agar tetap awet digunakan dalam bertahun-tahun. Seiring perkembangan teknologi sekarang motor matic dapat dijumpai dimana saja dan pemakaian motor matic setiap harinya bertambah karena nyaman ketika digunakan.

Selain punya tenaga yang kuat, kamu juga dapat menggunakannya dengan mudah tanpa harus belajar terlebih dahulu karena tinggal menekan gas saja sudah bisa dipakai untuk pergi kemana pun. Kemunculan motor matic diawali karena untuk membuat pengguna bisa lebih efisien tidak harus menggunakan rantai maupun kopling.

Menjamurnya motor matic bukan tak lain karena peminatnya semakin meningkat di setiap waktunya. Sebagian besar pengguna mulai dari laki-laki maupun perempuan menyatakan kepuasan setelah menyetir motor matic untuk melakukan kegiatan sehari-harinya. Oleh karena itu pabrik motor sekarang berlomba-lomba menciptakan banyak produk terbaik mereka untuk konsumen.


Namun banyak orang yang sudah membeli motor matic saja tanpa tahu cara untuk merawat motor ini, apalagi jika membeli motor bekas yang belum tau tipsnya, Sangat disayangkan memang, mungkin bagi kamu yang membaca artikel ini dapat mengikuti pembahasan hingga akhir. Kami akan membahas cara untuk melakukan perawatan motor jenis matic yang bisa diterapkan pengguna.

Apalagi dalam situasi dan keadaan Pandemi Covid-19 ini, semua di rumah saja, bekerja dari rumah, belajar dari rumah, PSBB, Sosial distancing, pun turut meyertai sehingga kendaraan mu banyak yang nganggur alias tidak digunakan. untuk itu simak tips merawat motor metic mu agar tetap terawat.

Cara Merawat Motor Matic Secara Mudah



Cara pertama yang bisa kamu terapkan ketika mempunyai motor matic adalah untuk tetap memperhatikan kondisinya secara berkala. Kamu bisa melihat dari penggunaan yang sudah dipakai secara keseluruhan dengan memperhatikan tanda-tanda apabila ada kerusakan. Jika sudah ada part yang rusak sebaiknya segera bawa ke bengkel terdekat.

Sebaiknya bawa motor matic kamu ke bengkel yang sudah diakui keberadaannya, karena sekarang banyak bengkel yang membongkar motor secara acak-acakan dan tidak memperhatikan prosedur. Contoh paling mudah jika anda mempunyai motor bermerk honda, pastikan untuk selalu mengecek kesehatan di bengkel honda yang keberadannya sudah resmi.

Selanjutnya  cara merawat motor matic yang harus diperhatikan adalah jangan sekali-sekali motor kamu kehabisan bensin. Ketika sedang digunakan dan bensin secara tiba-tiba habis tanpa diketahui akibat yang dikhawatirkan bahwa mesin bisa rusak seketika. Apalagi motor matic yang sudah mempunyai fitur injeksi usahakan selalu isi bensinnya.

Memang perawatan ketika menggunakan motor matic akan lebih mudah daripada penggunaan motor bebek maupun kopling. Perawatannya tidak akan semahal ketika kamu mempunyai moge, inilah keuntungan lain apabila punya motor matic. Jangan salah, motor matic juga mempunyai daya kekuatan tinggi untuk dibawa ke dataran tinggi sekaligus.

Lalu, ketika kamu sedang memakai motor jenis matic usahakan stabilkan kecepatan gas selama pemakaian. Sebagian besar orang tidak menyadari bahwa ketika menggunakan motor ini dengan melakukan kecepatan tinggi kemudian berhenti secara tiba-tiba maupun sebaliknya dapat mengurangi umur kesehatan mesin atau bisa dikatakan akan cepat rusak.

Rutin Memanasi Motor Sebelum Dipakai

Jika kamu pengguna motor matic tentu cara merawat motor matic selanjutnya yang bisa dilakukan adalah rutin panaskan mesin motor ketika akan dipakai di pagi hari. Cara ini penting dilakukan supaya oli di dalam mesin akan melumasi bagian mesin terlebih dahulu agar performa menjadi maksimal.

Jika kamu tidak melakukannya mungkin yang terjadi performa akan menurun dan tidak bisa digunakan dengan optimal. Biasanya ketika belum dipanaskan mesinnya, motor matic akan bersuara lebih kasar dan kecepatannya belum di angka maksimal. Sempatkan beberapa menit untuk memanasi mesin setiap hari agar motor tetap sehat.

Pengin tau Motor Metic Second yang Murah cari harganya disini

Penggunaan oli ketika memakai motor matic juga perlu diketahui agar tidak melebihi usia pemakaian. Kamu harus mengecek oli yang dipakai dan kapan terakhir menggantinya agar mengetahui kualitas dari oli tersebut. Gunakan oli yang sesuai dengan jenis motor kamu dan sebaiknya ganti oli setiap seribu kilometer.

Jika berbicara oli, dalam penggunaan motor jenis matic juga akan menggunakan aki. Keberadaan aki di dalam motor matic sangat berguna yang membantu selama pemakaian setiap hari. Untuk dapat menggunakan aki dalam kondisi terbaik, usahakan ganti secara rutin setiap 8 bulan sekali agar tidak mengganggu pemakaian.

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk merawat motor kesayanganmu adalah mengisi bensin dengan kualitas terbaik. Kamu bisa menentukan kualitas usahakan mengisi pertamax agar mesin selalu dalam performa maksimal. Mulai sekarang kamu bisa mengetahui cara merawat motor matic yang dapat membantu agar motor selalu awet. semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bisa diterapkan,sekian