Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kapan Ganti Oli Gardan Lexi Yang Ideal?

 

Kapan Ganti Oli Gardan Lexi Yang Ideal?inukotovlog.com

Inukotovlog.com - Fungsi dari oli gardan yaitu untuk membuat mesin menjadi licin, menghindari suara bising hingga membuat mesin menjadi tidak cepat rusak. 

Namun meskipun demikian, ternyata penggantian oli gardan berbeda dengan oli mesin kebanyakan. Terutama pada motor sekelas motor Yamaha Lexi. Lalu kapan ganti gardan oli Lexi yang tepat dan ideal ?

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kapan Ganti Oli Gardan Lexi Yang Tepat!

Mengganti oli gardan Lexi yang notabene adalah sejenis motor matic, memang berbeda dengan mengganti oli gardan pada motor yang lainnya. Dimana pada motor matic memang bergantung pada beberapa faktor. Diantaranya :

1.Jangka Waktu Pemakaian

Salah satu faktor yang mempengaruhi kapan ganti oli gardan Lexi yang tepat dan ideal adalah berdasarkan jangka waktu pemakaian. Baik yang ditentukan dari saat melakukan pembelian motor Lexi. Maupun yang ditentukan dari saat Anda melakukan pemakaian untuk pertama kalinya.

Misalnya, jika Anda membeli motor Lexi pada bulan Januari, namun motor tersebut baru Anda pakai pada bulan Maret. Maka jangka pemakaiannya ditentukan dari bulan Maret. Tepat saat Anda memakai motor Lexi tersebut untuk pertama kalinya.

Baca Juga: Daftar Motor Bekas Vario 125 Murah di Semarang

2. Jarak Yang Telah Ditempuh Dalam Hitungan Kilometer

Selain jangka waktu penggunaan, jarak yang ditempuh juga menjadi faktor yang penting lainnya. Terutama untuk menentukan kapan ganti oli gardan Lexi terbaik. Jarak waktu yang ditempuh ini ditentukan berdasarkan hitungan kilometer.

3. Penggunaan Yang Membuat Mesin Menjadi Cepat Panas Dan Bahan Bakar Menjadi Cepat Boros

Contohnya penggunaan di jalanan yang macet dan juga saat motor harus melewati banyak rintangan. Ataupun jika motor Lexi tersebut sering digunakan pada jalan raya yang memiliki lampu setopan yang banyak, yang mengharuskan mesin motor harus tetap hidup. Meskipun motor Lexi tersebut dalam keadaan diam, dan tidak bergerak.

Hal ini tentunya memungkinkan mesin lebih cepat panas, dan bahan bakar menjadi lebih cepat boros. Jika hal ini terjadi, tentunya penggantian oli gardan pada motor Lexi Anda tersebut, ada baiknya segera dilakukan lebih cepat, dari yang biasa dilakukan sebelumnya.

Kapan Ganti Oli Gardan Lexi ? Ini Dia Bocorannya !

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, penggantian oli gardan ini bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor. Jika berdasarkan faktor-faktor tersebut, lalu kapan ganti oli gardan Lexi yang ideal ? Untuk lebih jelasnya, bisa Anda simak dalam ulasan berikut ini. Diantaranya :

1.Setelah 1-2 Bulan Dari Saat Pembelian Dan Pemakaian Untuk Pertama Kali

Waktu yang paling ideal untuk mengganti oli gardan pada motor Lexi Anda yaitu 1 bulan sejak pembelian. Dengan ketentuan, motor Lexi tersebut langsung Anda pakai untuk penggunaan sehari-hari.

Lalu bagaimana jika motor Lexi yang telah dibeli tersebut, Anda simpan dahulu, baru kemudian digunakan di bulan-bulan berikutnya ? Anda bisa menghitung jarak waktu penggunaan ini, tepat 1 bulan setelah waktu pemakaian yang pertama. Sementara untuk penggantian selanjutnya, Anda bisa mengganti oli gardan ini setiap 2 bulan sekali.

2. Setelah Menempuh 1000 km Dan Setiap Pemakaian 2000 km-3000 km

Artinya, untuk penggantian oli gardan pada motor Lexi yang baru saja Anda beli. Anda bisa menggantinya setelah motor Lexi telah menempuh 1000 km. Lalu kapan ganti oli gardan Lexi untuk penggunaan selanjutnya ?

 Anda bisa menggantinya lagi, jika ukuran kilometer yang terlihat pada spedometer dari motor Lexi tersebut telah menunjukkan angka 2000 km hingga 3000 km. Ada baiknya Anda melakukan penggantian oli gardan ini secara rutin dalam setiap 1000 km.

3. Setiap 1 Bulan Sekali Untuk Pemakaian Motor Lexi Di Jalanan Macet

Khusus untuk motor Lexi yang sering dipakai di jalanan yang macet maupun yang memiliki banyak rintangan. Disarankan untuk mengganti oli gardan dalam setiap 1 bulan sekali. Hal ini untuk menghindarkan mesin agar tidak cepat overheat.

Itu dia waktu-waktu yang tepat untuk mengganti oli gardan pada motor Lexi yang Anda miliki. Jika melihat faktor-faktor diatas, mana yang sesuai dengan kondisi motor Lexi Anda saat ini ? Menurut Anda, kapan ganti oli gardan Lexi yang tepat dan ideal untuk motor Anda tersebut ?

 Baca Juga: Info Motor Bekas Murah Semarang