Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merawat Aki Motor Kering VS Aki motor Basah. Simak Penjelasannya!

Cara Merawat Aki Motor Kering VS Aki motor Basah. Simak Penjelasannya!

inukotovlog.com - Ketika Anda membeli sepeda motor baru, kemungkinan rasa khawatir terhadap komponen yang rusak tentu tidak sebesar ketika membeli motor bekas. Maka ketika membeli motor bekas, teliti terhadap beberapa bagian komponen motor harus diperhatikan, salah satunya aki motor.

Aki motor sendiri memiliki peranan penting agar motor dapat berjalan. Selain itu juga sebagai sumber arus listrik bagi kendaraan. Digunakan untuk menyalakan mesin motor, menghidupkan lampu motor dan juga sebagai sumber suara klakson.

Mengingat pentingnya fungsi aki motor ini maka Anda harus mengetahui jenis aki motor apa yang sesuai dengan tipe kendaraan yang Anda miliki. Sementara itu hal yang tak kalah penting juga adalah tahu dan mengerti bagaimana merawat baterai aki motor.

Apalagi jika terpaksa membeli kendaraan di tempat jual motor bekas atau second. Anda harus benar-benar jeli memperhatikan dari setiap komponen yang ada termasuk didalamnya adalah aki motor.

Berikut adalah berbagai jenis aki motor yang perlu kamu ketahui sebelum mengganti atau membeli aki baru.

Jenis Aki Motor yang Beredar di Pasaran

Tentunya di pasaran akan ditemui banyak sekali aki motor yang beredar. Mulai dari aki kering, aki basah dan jenis lainnya. Kenali tipe-tipe aki agar tepat memilih jenis aki yang sesuai dengan kendaraan yang dimiliki.

       Aki Kering

Aki jenis ini termasuk yang paling banyak digunakan untuk kendaraan keluaran sekarang ini. Aki ini dinilai cukup aman karena adanya segel Khusus yang cukup kuat sehingga tingkat penguapan yang ditimbulkan sangat kecil.

Kelemahan jenis aki ini adalah jika sudah kering aki tidak dapat digunakan kembali.

       Aki Basah

Aki basah merupakan aki yang paling banyak digunakan oleh kendaraan. Memiliki harga yang jauh lebih murah dan dapat diisi ulang kembali merupakan kelebihan aki basah ini.

Jadi penggunaan aki bisa tahan lama. Hanya saja Anda harus mengecek cairan elektronik agar aki tidak kekurangan atau kekeringan. Bagi sebagian orang kegiatan pengecekan ini bisa dibilang sedikit merepotkan.

       Aki Gel

Selanjutnya ada aki Gel yang tergolong kedalam jenis aki motor yang baru. Memiliki harga yang terbilang paling mahal diantara jenis aki lainnya. Namun, meski demikian harganya sebanding dengan kualitas yang akan Anda dapatkan.

Jenis aki ini paling banyak digunakan untuk motor-motor balap dan modifikasi karena memiliki daya tahan jauh lebih lama dibanding yang lainnya. Penggunaan gel sebagai pengganti cairan elektronik membuat aki ini tidak mudah bocor, korosi ataupun kerusakan pada body motor.

       Aki Hybrid

Jenis aki ini jarang digunakan untuk aki motor. Lebih sering digunakan untuk aki mobil. Aki yang merupakan gabungan dari aki basah dan aki Kalsium ini memiliki kelebihan yaitu masa pakai yang cukup lama karena tingkat penguapan yang dihasilkan pun sangat sedikit.

       Aki Kalsium

Aki Kalsium merupakan versi terbaru dari aki basah dengan berbagai penyempurnaannya. Dapat dikatakan bahwa aki Kalsium ini merupakan bentuk penyempurnaan dari aki basah. Lebih tahan lama, memiliki kualitas dan kemampuan yang lebih baik dalam penyimpanan arus listrik.

Selain itu juga aki Kalsium memiliki harga yang terjangkau. Hanya saja aki ini tak sepopuler aki basah jadi masih belum banyak yang menggunakannya. Kebanyakan hanya menggunakannya sebagai alternatif kebutuhan untuk arus listrik motor.

Cara Merawat Aki Basah Motor

Terdapat perbedaan perawatan antara aki basah motor dengan aki kering. Namun satu hal yang perlu diketahui bahwa perawatan aki basah sedikit lebih kompleks ketimbang aki kering.

Terlepas dari itu perawatan yang tepat akan membuat aki basah bisa bertahan lebih lama dan mampu berfungsi secara maksimal. Berikut adalah tahapan dalam merawat aki basah motor.

     Langkah pertama yang harus sering Anda lakukan yaitu melakukan pengecekan air aki secara rutin. Usahakan jangan sampai takaran air berada dibawah garis low.

 Jika sudah berada pada garis low, segera lah untuk melakukan pengisian ulang. Sebelumnya keluarkan aki terlebih dahulu dari motor.

  Lanjutkan dengan membuka lubang pengisian menggunakan obeng minus. Lubang pengisian ditandai dengan tutup berwarna merah.

     Kemudian tambahkan cairan elektronik di setiap lubang hingga menyentuh garis upper. Jangan sampai mengisi melebihi garis tersebut.

      Setelah terisikan semua tutup kembali setiap lubang. Jangan lupa diberi juga gemukan agar kutub aki tidak muncul jamur membandel.

       Untuk daya pemakainya bisa lebih dari 2 tahun serta lebih tahan dan awet.

Cara Merawat Aki Kering Motor

Setelah membahas perawatan aki basah motor selanjutnya cara merawat aki kering motor. Meski tidak seribet cara merawat aki basah motor dan terbilang cukup mudah dilakukan, namun perawatan aki kering ini juga harus dilakukan agar lebih awet. Berikut cara yang bisa Anda coba untuk merawat aki kering motor.

 Pakai atau gunakanlah motor secara rutin. Jika motor tidak dipakai, Anda bisa melakukan pemanasan mesin motor. Ini dilakukan untuk memancing cairan elektrolit dengan plat elektroda bereaksi. Jika motor didiamkan terlalu lama maka akan menimbulkan cairan elektrolit dan plat elektroda tidak akan mampu menyuplai kebutuhan listrik motor Anda.

     Jangan menggunakan atau memasang aksesoris terlalu banyak pada motor. Aki kering motor ini cukup unik. Tidak digunakan maka tidak ada reaksi listrik tetapi jika terlalu banyak beban pun dapat menyebabkan arus listrik tidak bisa bekerja dengan baik.

 Selanjutnya Anda dapat mematikan sistem kelistrikan motor, apabila motor tidak menyala.

        Pastikan juga untuk selalu mengecek kedua terminal kaki.

        Kemudian cek juga bagian spul (alternator).

       Terakhir jangan lupa untuk memeriksa kebocoran pada body aki.


Tips Memilih Aki Motor

Setelah mengetahui bagaimana cara merawat aki motor baik basah maupun kering sekarang saatnya untuk memilih jenis aki motor yang cocok sesuai dengan kebutuhan kendaraan yang dimiliki. Berikut tips memilih aki motor yang tepat.

    Pertama kenali jenis aki motor. Pilihlah aki motor yang sesuai dengan kendaraan Anda. Biasanya untuk kendaraan keluaran terbaru menggunakan aki kering sedangkan untuk kendaraan yang lalu menggunakan aki basah motor.

  Kemudian cek kondisi aki menggunakan battery tester untuk mengetahui kondisi aki dalam keadaan baik atau tidak.

    Pilihlah aki motor yang cocok dengan spesifikasi motor yang dipunya. Beragam jenis Iki ditujukan untuk berbagai kendaraan yang berbeda sesuai dengan kapasitasnya.

  Terakhir perhatikan kapasitas aki yang dimiliki. Semisal untuk motor balap lebih baik menggunakan aki dengan kualitas yang tinggi.

Demikianlah informasi terkait aki motor beserta uraiannya. Apapun jenis aki yang Anda pilih akan lebih aman dan awet jika tepat dalam memilih sesuai kebutuhan.